Cara Menghitung Kapasitas Pompa Kolam Renang

Cara Menghitung Kapasitas Pompa Kolam Renang

Anda yang akan menggunakan pompa kolam renang untuk kolam renang, pastinya ingin menggunakan pompa kolam renang yang sesuai bukan? Karena penggunaan pompa kolam renang yang sesuai tentu akan memberikan fungsi yang baik pula. Salah satu cara agar penggunaannya sesuai adalah dengan menghitung kapasitas pompa kolam renang. Apabila kapasitas pompa kolam renang sesuai maka tentu fungsi yang didapatkan juga akan sesuai.

Menghitung Kapasitas Pompa Kolam

Untuk menghitung kapasitas pompa kolam renang yang akan digunakan, caranya cukup mudah. Karena kali ini Kami akan bagikan untuk Anda. Namun sebelum melakukan penghitungan kapasitas pompa kolam renang, Anda harus memperhatikan tiga parameter berikut ini :

  • Mengetahui kubikasi air di dalam kolam renang
  • Mengetahui jarak kolam renang dengan ruang pompa
  • Mengetahui luas ruangan yang disediakan untuk pompa

Apabila Anda sudah mendapatkan ketiga parameter tesebut, maka Anda akan dengan mudah menentukan kapasitas pompa kolam renang yang digunakan. Untuk lebih jelasnya berikut adalah keterangan detail mengenai parameter tersebut :

  • Kubikasi kolam renang

Kubikasi air kolam renang sangat berpengaruhi untuk menntukan berapa HP pompa kolam renang yang diperlukan agar dapat menghisap dan mendorong air ke sitem filterisasi.

Cara menghitung Kubikasi Kolam Renang

Misal ukuran kolam panjang 10 meter, lebar 4 meter dengan kedalaman 1,5 meter maka kubikasi kolam renang diperoleh dengan rumus panjang kali lebar kali dalam yaitu : 10 m X 4 m X 1,5 m = 60 m³

  • Jarak Kolam Renang

Jarak kolam renang berpengaruh terhadap flow ratenya atau kemampuan pompa dalam mengalirkan air dalam kurun waktu tertentu.

Cara Menentukan Pompa Berdasarkan Jarak Kolam Renang

Misal jarak pompa kolam renang 15 meter, sebaiknya memilih pompa agar bisa berfungsi sebagai daya hisap dan daya dorong maksimal adalah tambahkan setengah HP dari ukuran normal yang dibutuhkan.

  • Luas Ruangan Untuk Pompa Kolam

Dianjurkan untuk sesuai kebutuhan. Dalam hal ini Anda bisa menghitung ruang untuk pompa olam renang, pastikan sesuai agar dapat menginstal pompa dengan maksimal.

Jual Pompa Kolam Renang Jakarta Selatan

Jika sudah mengetahui ketiga hal diatas, maka Anda akan dengan mudah dapatkan pompa kolam renang yang sesuai kebutuhan. Cara menghitungnya sebagai berikut :

Misal kubikasi air kolam adalah 60m³, Anda bisa pilih pompa dengan ukuran 1 Hp dengan ukuran Flow Rate 16 m³/jam. Artinya dalam waktu satu jam dengan pompa satu Hp dapat mengalirkan atau mensirkulasi air kolam renang sebanyak 16 m³. Untuk kubikasi air kolam renang 60m³ maka akan memerlukan waktu satu kali sirkulasi kurang lebih selama empat jam.  ( 60 : 16 = 3.75 ). Atau bisa menambahkan HP yaitu dengan menggunakan pompa 2 HP agar pross lebih cepat.

Dari ulasan tersebut maka dapat disimpulkan, pemilihan pompa kolam renang harus memperhatikan ketiga parameter agar menghasilkan penghitungan yang pas. Dengan begitu, akan didapatkan pemilihan pompa kolam renang yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Apabila Anda merasa kesulitan ketika Anda akan membeli pompa kolam renang, Anda bisa konsultasikan pada toko pompa kolam renang. Kami adalah toko pompa kolam renang terpercaya yang siap membantu Anda menentukan kapasitas pompa kolam renang yang Anda butuhkan. Kami juga menyediakan berbagai pilihan pompa kolam renang berkualitas untuk kebutuhan Anda. Konsultasikan saja pada Kami untuk pembeliannya.